News

Pandemi Covid-19, Bendesa Adat Semana Tunda Pelaksanaan Parum

 Sabtu, 08 Mei 2021, 13:10 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Abiansemal. 

Kondisi Pandemi belum menunjukan tanda-tanda berakhir tentu penerapan prokes setidaknya benar-benar dapat diperhatikan dengan baik dan disiplin sehingga akan mampu menekan penyebaran Virus Covid-19 di tengah.

Di Desa Adat Semana, Badung misalnya krama desa sangat disiplin dalam menerapkan Prokes mulai dari memakai masker, mencuci tangan, mengatur jarak serta mengurangi atau membatasi kerumunan. Salah satu penerapan membatasi kerumunan di Desa Adat Semana misalnya, telah diterapkan dengan baik.

Menurut Bedesa Adat Desa Semana, I Wayan Suwen, Jumat (7/5) di Desa setempat menyampaikan, dalam setiap pelaksanaan parum atau sangkep (rapat) di desa sering dilakukan penundaan terlehih dahulu jika memang hal pembahasan parum tidak terlalu penting sekali untuk dibahas.

"Parum biasanya kami lakukan penundaan, seandainya memang ada hal sangat penting sekali baru dilakukan parum tersebut," jelasnya.

Dengan melakukan langkah penundaan parum setidaknya akan mampu menekan penyebaran virus Covid-19 di tengah krama desa.

"Setidaknya dengan melakukan hal tersebut krama kami sedikit tidaknya akan mampu terhidar dari penyebaran virus Covid-19 tersebut," ujarnya.

Selain melakukan langkah tersebut dalam upaya menekan penyebaran virus-19 menurut dirinya juga telah melakukan penyemprotan pada areal-areal publik di sekitar wewidangan desa pakraman Desa Adat Semana.Selanjutnya Dirinya menambahkan, dalam setiap pelaksanaan kegiatan adat di Desa juga tetap mengatur jumlah krama yang turun.

"Ya, misalnya dalam pelaksanaan odalan di beberapa Pura kami melakukan secara bergilir krama desa yang melakukan menghaturkan sembah sujud baktinya. Sehingga tidak menimbulkan kerumunan dalam pelaksanaan Piodalan tersebut," pungkasnya.

Penulis : Tim Liputan







Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV