News

Krama Desa Adat Semana Tetap Optimistis Mencari Celah Peluang Kerja

 Sabtu, 08 Mei 2021, 14:00 WITA

beritabali/ist

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Abiansemal. 

Meskipun di tengah pandemi, beberapa Krama Desa Adat Semana, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung lebih memilih tidak ikut larut dalam kondisi saat ini.

Salah satunya, dengan tetap kreatif dalam mencari celah peluang kerja agar mampu bertahan di tengah perekonomian tidak menentu saat ini. 

Menurut Bedesa Adat Desa Semana, I Wayan Suwen, Jumat (7/5), krama Desa sebagian masih aktif mencari pekerjaan atau bisa dikatakan semua telah melakukan aktivitas bekerja setiap hari. Jika dilihat sampai saat ini, krama desa adat aktif melakukan aktivitas bertani.

Setelah melakukan aktivitas bertani krama Desa memanfaatkan waktu luang bekerja sebagai buruh bangunan stil Bali.

"Di sektor pertanian para krama selain menanam padi, jagung dan juga bunga pacah. Sehingga dengan melakukan aktivitas tersebut setidaknya masih bisa menyambung hidup dari hasil menggelola lahan pertanian tersebut," ujarnya.

Selain itu sebagian krama Desa selain bertani ada juga bekerja sebagai buruh tukang bangunan meskipun saat ini ada sedikit pengurangan tenaga dari para pemilik proyek.

"Sebagian bekerja menjadi buruh tukang bangunan biasanya setelah selesai melakukan aktivitas di sawah dan tinggal menunggu hasil panen saja," jelasnya.

Suwen menambahkan, dengan melakukan kegiatan di tengah waktu luang menunggu hasil panen, tentu tidak membuat krama desa sampai menganggur dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Tim Liputan







Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV