Ekbis

Pemkab Badung Terima Permintaan Ekspor Kopi ke Mancanegara

 Jumat, 10 Februari 2023, 17:59 WITA

bbn/ilustrasi/Pemkab Badung Terima Permintaan Ekspor Kopi ke Mancanegara.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Mengwi. 

Permintaan ekspor kopi di Pemerintah Kabupaten Badung di tahun 2023 telah mulai menerima dari beberapa negara mulai ke Jepang, Dubai hingga negara Jerman.

"2023 sudah ada permintaan dari negara Jepang ke Jerman dan Dubai tapi untuk jumlahnya saya lupa, sekarang sudah mulai lagi terutama di Dubai, memang tidak terlalu tinggi tapi adalah permintaan itu", jelas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Badung, I Wayan Wijana, Rabu (8/2/2023).

Dirinya meyebutkan sebelum pandemi permintaan ekspor kopi ke luar Bali sudah bagus. Dilihat berdasarkan data tahun 2021 jumlah ekspor kopi Badung mencapai 11,59 ton dengan tujuan ekspor ke Jepang, Arab Saudi (Dubai) dan Belanda.

Pasca pandemi tahun 2022, negara Dubai kata dia meminta 200 kg, Kamboja 1,5 ton dan Cekoslovakia 2 ton. Kondisi tersebut menunjukan bahwa kualitas kopi Badung tidak kalah dengan Kopi asal Bali lainnya seperti Kopi Kintamani.

"Kita memang satu geografis dengan Kintamani, dulu proses IG (Indikasi Geografis) Kintamani karena harus 1 per satu kabupaten sehingga yang dikenal Kopi Kintamani, padahal Badung juga kesana," paparnya.

Dirinya mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengembangkan potensi kopi.

"Karena tanaman ini tahunan maka disela-selanya ada tanaman tambahan dari holtikultura dan akan terus kita galakkan," ucapnya.

Dirinya menambahkan bahwa, luas lahan Kopi di Badung sekitar 1434 hektar terpusat di kawasan Badung Utara (Belok Sidan kecamatan Petang) dengan jumlah petani kopi sebanyak 2538 orang, sementara produksi kopi mencapai 562 ton per tahunnya.

Penulis : Kontributor Badung

Editor : Robby Patria







Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022