Persona

Minyak Kebus di Pura Sada Diyakini Sembuhkan Luka Bakar

 Rabu, 02 Februari 2022, 16:15 WITA

beritabali/ist/Minyak Kebus di Pura Sada Diyakini Sembuhkan Luka Bakar.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Mengwi. 

Di Desa Kapal tepatnya di lingkungan Banjar Pemebetan, Pura Sada, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung secara turun- temurun masyarakat setempat dan sekitarnya telah memercayai anugrah berupa minyak khususnya untuk penyembuhan luka bakar pada tubuh seseorang. 

Minyak tersebut oleh masyarakat setempat diberi nama "Minyak Kebus" yang berkhasiat dalam menyembuhkan luka bakar. Warga setempat tidak mengetahui persis dari tahun berapa Minyak Kebus tersebut ada di Pura Sada karena secara turun- temurun. Pura Sada sendiri disungsung oleh Desa Adat Kapal.

"Orang-orang sekitar menyebutnya dengan Minyak Kebus, secara keyakinan terdahulu Minyak Kebus ini jauh lebih paten dari minyak  kimiawi. Ini dapat dibuktikan bahwa, bila orang-orang dari Desa Kapal ada terluka (luka bakar) mereka nunas minyak kebus di Pura Sada. Hanya dengan mengoleskan saja pada bagian luka dan hasilnya memang manjur," jelas, Bendesa Adat Kapal, I Ketut Sudarsana,Rabu (2/3) di desa setempat.

Adapun keunikan dari minyak ini adalah, bila ada terkena luka bakar orang tersebut harus nunas langsung ke Pura Sada, jika minyak tersebut tersisa dan akan diberikan kepada orang lain yang terluka, maka minyak tersebut tidak berefek lagi. 

"Bahkan dulu pernah ada yang terkena air aki di sekujur badan, setelah dioles minyak kebus ini sekarang sembuh dan tidak berbekas," katanya. 

Bagi krama yang ingin tangkil menurutnya, cukup membawa sesaji sangat sederhana dapat dikatakan seikhlas dan semampu dari orang yang nunas minyak seperti, Pejati, Canang sari.

"Nunas pelugraan minyak tersebut tidak memilih hari baik, karena ada saja nunas minyak ini pada hari-hari tertentu," cetusnya. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV