Persona

Kisah Mistis Jembatan Paras di Banjar Badung Desa Sibang Gede

 Selasa, 21 September 2021, 23:00 WITA

beritabali/ist/Dijaga Ular, Ini Kisah Mistis Jembatan Paras di Banjar Badung.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Abiansemal. 

Beberapa tempat di Bali masih diyakini memiliki nilai mistis dibarengi cerita kemunculan penunggunya.

Salah satunya ada di sebuah jembatan telah berumur yang menghubungkan Desa Sibang Gede dengan Desa Darmasaba, Badung. Konon dan hingga saat ini oleh warga di  Banjar Badung, Desa Sibang Gede misalnya sama sekali tidak mengetahui pasti mulai kapan dibangun dan oleh siapa jembatan yang didominasi berbahan dasar dari batu paras tersebut dibangun.

Adapun keunikan dari jembatan tersebut adalah, batu paras sebagai bahan utama jembatan sama sekali tidak menggunakan semen ataupun tanah dalam melekatkannya. Meskipun demikian, bangunan jembatan tersebut tetap kokoh dan masih berdiri tegak sampai saat ini serta masih menjadi jembatan untuk warga beraktivitas sehari-hari.

Selain itu, sisi uniknya menurut Jero Mangku di tugu atau pelinggih jembatan batu paras tersebut Ni Nyoman Sadya didampingi sang anak Budiana, Selasa (21/9) tersebut menyampaikan, beberapa kali sempat direnovasi atau ditempel dengan semen akhirnya rontok juga. Sehingga kembali seperti semula hanya memunculkan batu parasnya seperti sedia kala.

"Beberakali itu (Jembatan paras) diperbaiki akhirnya ya, kembali seperti itu," jelasnya.

Jika diamati secara seksama batu-batu paras tersebut dalam penyusunanya sama sekali tidak menggunakan perekat. Apakah berupa semen atau tanah dalam menyatukan satu bidang paras dengan paras lainnya.

"Jika dilihat penyusunan paras-paras jembatan tersebut sama sekali tidak terlihat menggunakan semen atau tanah.Akan tetapi tetap dapat bertahan lama. Nah, dari sana akhirnya masyarakat menyakini bertahannya jembatan paras tersebut dikarenakan ada kekuatan gaib selain setuhan tanggan manusia dulunya," ujarnya. 


Halaman :






Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending Terhangat

Beritabali.TV