News

BMKG Beberkan Penyebab Gempa 3.7 di Kuta Selatan

 Senin, 25 Juli 2022, 22:50 WITA

beritabali/ist/BMKG Beberkan Penyebab Gempa 3.7 di Kuta Selatan.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Kuta. 

Penyebab terjadinya gempa magnitudo 3.7 di Kuta Selatan pada Senin, 25 Juli 2022 dijelaskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).


Subkoordinator Pengumpulan dan Penyebaran Pusat Gempa Regional III, Yohanes Agus Setyawan memaparkan penyebab gempa disebabkan adanya patahan aktivitas Sesar Mendatar (Strike Slip Fault) di dasar laut di lokasi episenter, menyebabkan adanya pelepasan akumulasi energi dalam bentuk gemlombang seismik (gempabumi). Gempa tersebut menurutnya tidak berpotensi tsunami.

"Karena ada aktivitas sesar (patahan), yang mana pusat gempa terjadi di Lokasi 8.76 LS,115.28 BT (7 km Timur Laut Kuta Selatan Bali, Kedalaman 11 Km, dirasakan di Denpasar, Kuta, Jimbaran, Gianyar III MMI, dan Klungkung," jelasnya, Senin (25/7) di Badung.

Hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan adanya gempa susulan. Ia menyatakan gempa bumi tidak dapat diprediksi baik dari segi ukuran kekuatan gempanya maupun waktu kejadiannya.

"Kejadian gempabumi merupakan sesuatu yang alami dan normal, di jalur tektonik, sesar atau patahan subduksi, terjadi gempa bumi. Namun sekali lagi bahwa gempa bumi tidak dapat diprediksi baik dari segi ukuran kekuatan gempanya maupun waktu kejadiannya," katanya.


Halaman :





TERPOPULER


Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022