Desa Adat Kapal Konsisten Gelar Ngaben Ketimbang Kremasi - Beritabadung.id

News

Desa Adat Kapal Konsisten Gelar Ngaben Ketimbang Kremasi

Rabu, 22 September 2021 | 16:20 WITA
Desa Adat Kapal Konsisten Gelar Ngaben Ketimbang Kremasi

beritabali/ist/Desa Adat Kapal Konsisten Gelar Ngaben Ketimbang Kremasi.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabadung.id, Mengwi.
Desa Adat Kapal hingga saat ini masih konsisten untuk melaksanakan ngaben di tengah anggapan masyarakat umum yang lebih memilih kremasi.      
Bendesa Adat Kapal, I Ketut Sudarsana mengatakan Desa Adat Kapal telah merintis prosesi pelaksanaan ngaben berbiaya rendah, terutama pada biaya banten yang harus dikeluarkan oleh krama.
Adapun cara dilakukan Desa Adat Kapal yaitu, dengan sistem hampir sama dengan pelaksanaan arisan. Dana dipungut dari masing-masing krama banjar. Sehingga setiap ada krama banjar meninggal biaya ngaben cukup Rp6 juta saja dengan pemilihan tingkat upakara madya.
Dengan telah berjalannya sistem tersebut, tentu krama banjar adat sampai saat ini enggan melakukan prosesi kremasi karena, biaya pelaksanaan ngaben lebih rendah dari biaya kremasi.
"Sistem ini telah kami rintis sejak 2017 sampai saat ini masih kami jalankan," jelasnya.
Dalam pelaksanaan upakara ngaben di Desa Adat Kapal cukup dengan biaya Rp6 juta sudah dapat melaksanakan prosesi ngaben Karena dalam proses pembuatan banten telah ada serati (tukang banten) yang sebelumnya telah dilatih dalam proses pembuat banten ngaben.
"Adapun sistem model pengumpulan dana seperti arisan. Dengan masing-masing krama banjar mengeluarkan total dana Rp50 ribu per orang per KK. Akan tetapi, sebelum sistem tersebut berjalan krama banjar telah memiliki modal dasar atau modal abadi terlebih dahulu," katanya. 
"Dengan iuran disetor untuk mengumpulkan modal abadi tersebut, masing-masing krama mengeluarkan biaya sebesar Rp100 ribu per orang per KK. Dan itu hanya dikeluarkan cukup sekali saja, untuk seterusnya krama warga hanya mengeluarkan Rp 50 ribu saja setiap ada krama melaksanakan kegiatan ngaben," paparnya. 
Halaman :

TAGS : Berita Badung Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Badung Terkini Berita Badung Hari Ini Info Badung Beritabadung Informasi Badung


Beritalombok.com - Media Online Lombok Dompu Bima Sumbawa Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Lombok, Dompu, Bima, Sumbawa Terkini.



News Lainnya :


Berita Lainnya