Masing-masing Rumah di Badung Bakal Dipasang Komposer Tong

Olah Sampah Rumah Tangga

beritabali/ist/Masing-masing Rumah di Badung Bakal Dipasang Komposer Tong.

Pemkab Badung tetap berkomitmen merancang penanganan sampah, salah satunya akan melakukan penanganan sampah berbasis sumber, meski dalam kondisi di tengah Pandemi.

Hal tersebut penting dilakukan karena menurut I Nyoman Giri Prasta karena TPA di Suwung, Denpasar telah ditutup. Maka, dipandang perlu kedepan Badung membuka tempat pembuangan sampah (TPA) di Badung selatan tepatnya di Jimbaran, di tengah dan juga di Badung utara.

"Di luar pengolahan tersebut nantinya akan ada di masing-masing desa dan Kelurahan. Maka, dengan demikian dapat diselesaikan disini dan saya pastikan tidak akan ada timbunan dengan konsep 3 R atau mengurangi, memilah dan mengolah sampah," paparnya.

Selain itu, kedepan dalam upaya pengolahan sampah semua dapur rumah tangga nantinya akan mendapatkan Komposer Tong di Badung. Sehingga, kata dia, sampah-sampah di dapur dipilah kemudian dimasukkan ke dalam tong tersebut.
"Cairan dihasilkan dari Komposer Tong tersebut nantinya dapat dimanfatkan untuk menyiram tanaman di pekarangan rumah masing-masing warga," jelasnya.
Giri Prasta menambahkan, nantinya di TPS 3 R juga akan mampu merekrut tenaga kerja dan tentu semua hal tersebut harus digerakan secara bersama-sama nantinya.


Penulis : Kontributor Badung


 
News Lainnya
Berita Lainnya