News

BMKG Peringatkan Hujan Dibarengi Angin Kencang di Bali

 Senin, 19 September 2022, 16:04 WITA

beritabali/ist/BMKG Peringatkan Hujan Dibarengi Angin Kencang di Bali.

IKUTI BERITABADUNG.ID LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabadung.id, Kuta. 

Prakirawan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah III Denpasar, I Gede Agus Mahendra mengingatkan Sebagian wilayah di Bali telah memasuki masa peralihan musim dimana cenderung akan terjadi fenomena cuaca ekstrem.


Ia mengatakan kondisi tersebut disebabkan indeks El Nino-Southern Oscillation atau ENSO pada bulan September 2022 sebesar -1.07 yang menunjukan La Nina Moderat dan indeks Indian Ocean Dipole (IOD) menunjukan IOD negatif.

Hal inilah yang menyebabkan peningkatan signifikan hujan harian di wilayah Indonesia. Turunnya hujan akan dibarengi dengan peningkatan kecepatan angin di sebagian besar wilayah Bali

Kondisi tersebut disebabkan karena, indek IOD negatif memicu peningkatan konveksi di indonesia yang mana hal ini dapat memicu terbntuknya awan-awan konvektif, dengan adanya banyak awan konvektif berpeluang terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Kondisi tersebut terbilang masih normal, mengingat sudah memasuki masa peralihan musim", katanya, Senin (19/9) di Badung.

Dirinya mengimbau, masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan kilat atau petir. Diharapkan juga agar senantiasa selalu memperbarui informasi cuaca untuk terhindar dari hal-hal tidak diinginkan.

Penulis : Kontributor Badung

Editor : Robby Patria






TERPOPULER


Hasil Polling Calon Bupati Badung 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022